Tatalaksana frenulum lingualis di kelas: E atau O?


Sebagai seorang “anak kecil” dalam dunia kedokteran gigi yang masih berada dalam asuhan almamater, saya seringkali merasa takjub ketika mengobrol dengan kolega orang tua saya yang telah lama berpengalaman sebagai praktisi. Selain keahlian mereka memadukan ilmu dengan penyesuaian di lapangan, hal lain yang tidak kalah menarikya adalah cara mereka menyederhanakan apa yang di kelas dibahas dengan teori nan panjang.

Saya bayangkan pasti mereka akan tertawa jika saya ceritakan, tentang betapa anak-anak preklinik mempermasalahkan hal kecil, suatu huruf dalam istilah.

Ini tentang tatalaksana frenulum lingualis. Ada hal menarik yang dipersoalkan kami di kelas ketika ada presentasi tentang frenektomi. Persoalannya adalah terminologi mana yang benar: frenektomi atau frenotomi?

Secara umum, prosedur untuk membebaskan mukosa dari frenulum disebut frenektomi. Akan tetapi, frenulum lingual tampaknya memiliki keistimewaan jika dibanding dengan frenulum labialis. Selain frenektomi (atau frenotomi, sesuai dengan perdebatan ... hahaha) ia memiliki sinonim ankylostomi.

Kita ketahui bahwa pada dasarnya akhiran –otomi (-otomy) pada suatu istilah menunjukkan prosedur bedah yang lebih sederhana jika dibandingkan dengan prosedur bedah dengan akhiran istilah –ektomi (-ectomy). Pada kenyataannya, frenulum lingualis adalah bangunan anatomis yang di dekatnya terdapat bangunan fragile berupa ductus Wharton dan caruncula sublingualis. Pemotongan frenulum lingualis harus sangat memperhatikan bangunan-bangunan tadi, sehingga cukup dilakukan sedikit insisi, yang penting cukup untuk memfasilitasi mobilitas lidah yang adekuat.

Mungkin praktisi klinis bisa memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai persoalan ini, apakah kita harus memakai hurus E atau O untuk menyebutnya dengan tepat.

Sementara itu, bagi yang belum melihat secara langsung pelaksanaan frenektomi (eh ... frenotomi) lingual ini, bisa kita lihat youtube video di sini. Ini hanyalah salah satu contoh video dari beberapa video bertema frenectomy yang disediakan youtube.

* terinspirasi dari Atlas Of Cosmetic And Reconstructive Periodontal Surgery dan Atlas of Oral Surgery

0 comments:

Designed by Posicionamiento Web | Bloggerized by GosuBlogger